Connect with us

Kuarsa

Sejarah Latte, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Latte

Sejarah Latte, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Latte

Sejarah

Sejarah Latte, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Latte

Latte adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso dan susu steamed (dihaluskan dengan uap) dengan lapisan tipis busa susu di atasnya. Nama “latte” sendiri berasal dari kata Italia yang berarti “susu.” Minuman ini memiliki rasio espresso dan susu yang lebih seimbang dibandingkan beberapa minuman kopi lainnya.

Berikut adalah komponen utama dari latte:

1. Espresso: Ini adalah dasar dari sebagian besar minuman kopi, termasuk latte. Espresso dibuat dengan mengekstrak air panas di bawah tekanan tinggi melalui bubuk kopi yang dipadatkan. Jumlah espresso yang digunakan dalam satu latte dapat bervariasi, tetapi biasanya berkisar antara satu hingga dua shot espresso.

2. Susu Steamed: Susu dipanaskan dan dihaluskan dengan uap untuk menciptakan tekstur yang lembut dan busa yang kental. Susu steamed kemudian ditambahkan ke espresso untuk membuat latte. Kandungan susu dalam latte lebih banyak dibandingkan dengan minuman kopi seperti cappuccino atau macchiato, yang memiliki proporsi lebih tinggi dari espresso.

3. Busa Susu: Sebuah lapisan tipis busa susu biasanya ditempatkan di atas permukaan latte sebagai sentuhan akhir. Ini memberikan minuman sedikit kekentalan dan kelembutan ekstra.

Latte dapat disajikan panas atau dingin, tergantung pada selera individu. Beberapa variasi, seperti vanilla latte atau hazelnut latte, juga dapat menambahkan sirup rasa untuk memberikan sentuhan berbeda pada rasa minuman.

Berikut Kuarsa.com rangkum Sejarah Latte, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Latte

Sejarah Latte

Sejarah Latte, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Latte

Asal usul latte tidak diketahui secara pasti. Namun, banyak yang percaya bahwa minuman ini pertama kali dibuat di Italia pada akhir abad ke-19. Minuman ini awalnya dibuat sebagai cara untuk membuat espresso lebih lembut dan lebih mudah dinikmati.

Mungkin Anda Suka :  Sejarah Mango Sticky Rice, Asal Usul Pembuatan dan Filosofi Mango Sticky Rice

Latte mulai populer di luar Italia pada tahun 1980-an. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang mulai mengenal kopi espresso.

Saat ini, latte menjadi salah satu minuman kopi yang paling populer di dunia. Minuman ini sering disajikan di kafe dan restoran, serta di rumah.

Asal Usul Pembuatan

Sejarah Latte, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Latte

Asal usul pembuatan latte pertama kali tidak diketahui secara pasti. Namun, banyak yang percaya bahwa minuman ini pertama kali dibuat di Italia pada akhir abad ke-19. Minuman ini awalnya dibuat sebagai cara untuk membuat espresso lebih lembut dan lebih mudah dinikmati.

Latte berarti “susu” dalam bahasa Italia. Minuman ini terbuat dari espresso dan susu panas, dengan perbandingan susu dan kopi sekitar 2:1.

Pada awalnya, latte tidak populer di luar Italia. Namun, minuman ini mulai populer pada tahun 1980-an. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang mulai mengenal kopi espresso.

Saat ini, latte menjadi salah satu minuman kopi yang paling populer di dunia. Minuman ini sering disajikan di kafe dan restoran, serta di rumah.

Filosofi Latte

Latte adalah minuman yang anggun karena lapisan susu di atasnya memberikan kesan yang elegan. Lapisan susu yang kecil dan halus juga menunjukkan bahwa latte adalah minuman yang dibuat dengan hati-hati dan penuh perhatian.

Latte adalah minuman yang kreatif karena minuman ini dapat dibuat dengan berbagai macam variasi, tergantung pada selera. Ada berbagai macam cara untuk membuat latte, seperti menambahkan susu, krim, atau sirup. Hal ini menunjukkan bahwa latte adalah minuman yang dapat dinikmati dengan berbagai cara.

Continue Reading
Advertisement
You may also like...

Content writer Kuarsa.com memiliki pengalaman menulis di berbagai freelance dan pernah bekerja di salah satu media online ternama di Indonesia. Paham konsep SEO dan audiens target.

More in Sejarah

To Top