Sejarah Espresso, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Espresso

Espresso adalah istilah yang merujuk kepada jenis minuman kopi yang diproduksi dengan mengekstrak kopi menggunakan tekanan tinggi dan air panas. Proses ekstraksi ini melibatkan melewati air panas dengan tekanan tinggi melalui bubuk kopi yang sangat halus. Espresso biasanya memiliki rasa yang konsentrat, penuh tubuh, dan kaya akan cita rasa kopi.

Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari espresso:

1. Tekanan Tinggi: Espresso dibuat dengan menggunakan mesin espresso yang menghasilkan tekanan tinggi, biasanya antara 9 hingga 15 bar. Tekanan ini diperlukan untuk mengekstrak minyak dan zat padat dari bubuk kopi secara efisien.

2. Waktu Ekstraksi Pendek: Proses ekstraksi espresso berlangsung singkat, umumnya antara 25 hingga 30 detik. Ini berbeda dengan metode penyeduhan kopi lainnya yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

3. Bubuk Kopi Halus: Espresso menggunakan bubuk kopi yang sangat halus untuk memastikan kontak maksimal dengan air selama proses ekstraksi singkat.

4. Volume Kecil: Espresso biasanya disajikan dalam porsi kecil, sekitar 1 hingga 1,5 ons (30-45 ml). Ini berbeda dengan kopi tradisional yang sering diseduh dalam jumlah yang lebih besar.

Espresso seringkali menjadi dasar untuk berbagai minuman kopi lainnya, seperti cappuccino, latte, dan americano. Selain itu, espresso juga dapat dinikmati sendiri sebagai minuman kopi yang kuat dan kaya rasa.

Berikut Kuarsa.com rangkum Sejarah Espresso, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Espresso

Sejarah Espresso

Sejarah Espresso, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Espresso

Asal usul espresso tidak diketahui secara pasti. Namun, banyak yang percaya bahwa minuman ini pertama kali dibuat di Italia pada akhir abad ke-19. Minuman ini awalnya dibuat sebagai cara untuk membuat kopi lebih cepat dan lebih mudah dinikmati.

Espresso mulai menyebar ke seluruh dunia pada awal abad ke-20. Minuman ini menjadi populer di Amerika Serikat pada tahun 1950-an dan 1960-an, dan mulai populer di seluruh dunia pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Mungkin Anda Suka :  Sejarah Martabak, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Martabak

Asal Usul Pembuatan

Sejarah Espresso, Asal Usul Pembuatan Hingga Filosofi Espresso

Pada tahun 1884, Angelo Moriondo, seorang penemu Italia, mematenkan mesin kopi yang dapat mengeluarkan uap dan air mendidih melalui kopi bubuk. Mesin ini merupakan cikal bakal mesin espresso modern.

Pada tahun 1901, Luigi Bezzera, seorang insinyur Italia, mematenkan mesin espresso yang lebih efisien. Mesin ini menggunakan tekanan yang lebih tinggi untuk mengekstrak kopi, menghasilkan minuman yang lebih kuat dan lebih kaya rasa.

Filosofi Espresso

Espresso adalah minuman kopi yang terbuat dari ekstraksi bubuk kopi yang telah digiling dengan tekanan tinggi. Namanya berasal dari bahasa Italia, yang berarti “dipaksa keluar”.

Espresso adalah minuman yang sederhana, tetapi memiliki cita rasa yang khas. Minuman ini dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik pecinta kopi espresso maupun pecinta kopi susu.

Espresso juga dapat diartikan sebagai simbol keseimbangan. Rasa pahit dari kopi bubuk berpadu dengan rasa manis dari susu, menciptakan minuman yang lezat dan seimbang.