Home Edukasi Cerita Singkat Cerita Singkat Serigala Gembala Lengkap Pesan Moral

Cerita Singkat Serigala Gembala Lengkap Pesan Moral

Cerita Singkat Serigala Gembala Lengkap Pesan Moral

Fabel Serigala Gembala menceritakan kisah seekor Serigala yang menyamar sebagai Gembala sehingga dia bisa memakan Domba. Domba tertipu oleh penyamaran Serigala dan membiarkannya memimpin mereka ke padang rumput. Namun, Serigala segera mengungkapkan identitasnya yang sebenarnya dan mulai menyerang Domba. Domba berhasil melarikan diri, dan mereka belajar bahwa tidak boleh menilai buku dari sampulnya.

Cerita Singkat Serigala Gembala

Cerita Singkat Serigala Gembala Lengkap Pesan Moral

Pada zaman dahulu kala, di sebuah desa kecil yang dikelilingi oleh padang rumput yang luas, hiduplah seorang anak gembala bernama Anton. Anton terkenal dengan kecerdasan dan kelicikannya. Dia selalu memiliki cara untuk keluar dari situasi sulit.

Suatu hari, Anton sedang menggembalakan domba-dombanya di padang rumput. Dia merasa bosan dan ingin bersenang-senang. Dia pun memiliki ide yang nakal. Dia berlari ke desa dan berteriak, “Serigala! Serigala! Ada serigala menyerang domba-dombaku!”

Penduduk desa yang mendengar teriakan Anton segera berlari ke padang rumput untuk membantunya. Mereka membawa tongkat, kapak, dan apa pun yang bisa mereka gunakan untuk melawan serigala.

Ketika mereka tiba di padang rumput, mereka tidak melihat serigala sama sekali. Anton hanya tertawa melihat ekspresi bingung mereka.

“Di mana serigalanya?” tanya seorang penduduk desa dengan marah.

Anton menunjuk ke semak-semak dan berkata, “Dia bersembunyi di sana! Aku melihatnya melarikan diri ke sana!”

Penduduk desa segera berlari ke semak-semak, tetapi mereka tidak menemukan serigala di sana. Mereka kembali ke Anton dengan marah.

“Anton, ini tidak lucu!” kata seorang penduduk desa. “Jangan berbohong tentang serigala lagi!”

Anton hanya tersenyum dan berkata, “Maaf, aku hanya ingin bersenang-senang.”

Penduduk desa kesal dengan kebohongan Anton. Mereka pun kembali ke desa dengan perasaan kecewa.

Mungkin Anda Suka :  Rangkuman Cerita Malin Kundang Disertai Unsur Intrinsik Cerita dan Pesan Moral Cerita

Keesokan harinya, Anton kembali menggembalakan domba-dombanya di padang rumput. Kali ini, dia benar-benar melihat seekor serigala yang sedang mengincar domba-dombanya. Dia pun berteriak sekuat tenaga, “Serigala! Serigala! Ada serigala!”

Namun, penduduk desa tidak percaya padanya. Mereka mengira dia berbohong lagi.

Serigala itu memanfaatkan situasi ini dan mulai menyerang domba-domba Anton. Anton berusaha sekuat tenaga untuk melawan serigala itu, tetapi dia tidak bisa sendirian.

Akhirnya, beberapa penduduk desa yang kebetulan lewat mendengar teriakan Anton dan datang untuk membantunya. Mereka berhasil mengusir serigala itu dan menyelamatkan domba-domba Anton.

Setelah kejadian itu, Anton belajar bahwa berbohong memiliki konsekuensi yang serius. Dia pun berjanji tidak akan berbohong lagi.

Pesan Moral Serigala Gembala

Cerita Singkat Serigala Gembala Lengkap Pesan Moral

Pesan moral dari cerita ini adalah bahwa kita tidak boleh berbohong, karena kebohongan dapat membawa konsekuensi yang serius. Orang lain akan berhenti mempercayai kita, dan kita mungkin terjebak dalam situasi berbahaya.