Home Edukasi Cerita Singkat Ringkasan Cerita Novel Mariposa Karya Luluk HF, Lengkap Amanat Cerita

Ringkasan Cerita Novel Mariposa Karya Luluk HF, Lengkap Amanat Cerita

Ringkasan Cerita Novel Mariposa Karya Luluk HF, Lengkap Amanat Cerita

Mariposa adalah sebuah novel fiksi romance-comedy yang ditulis oleh Hidayatul Fajriyah, atau dikenal sebagai Luluk HF, seorang penulis Indonesia yang aktif membagikan karya tulisnya di Wattpad. Meskipun Luluk telah menulis berbagai karya, Mariposa menjadi salah satu yang paling menarik perhatian, terbukti dengan jumlah pembaca di Wattpad yang mencapai lebih dari 100 juta.

Proses perjalanan Mariposa dari cerita di Wattpad menjadi sebuah novel merupakan kisah yang menarik. Awalnya, cerita ini hanya diunggah di Wattpad pada tahun 2017 saat aplikasi itu sedang populer. Dalam waktu singkat, jumlah pembaca Mariposa di Wattpad mencapai ratusan ribu, sehingga sebuah penerbit tertarik untuk menerbitkannya. Pada tahun 2018, Mariposa resmi diterbitkan menjadi novel, yang kemudian berhasil terjual lebih dari 17.800 eksemplar.

Selain menjadi novel, Mariposa juga menarik minat banyak penerbit dan rumah produksi film. Sebelum novel tersebut terbit, sudah ada 15 penerbit besar yang meliriknya, dan 5 production house berencana mengangkatnya menjadi film. Akhirnya, Falcon Pictures dan Starvision Plus mengadaptasi Mariposa ke dalam bentuk film pada tahun 2020. Cerita sederhana dengan karakter utama yang kuat, Acha yang manja dan Iqbal yang cuek, menjadi daya tarik utama bagi pembaca, terutama remaja perempuan, yang cenderung menyukai cerita romance comedy seperti Mariposa.

Berikut Kuarsa.com rangkum ringkasan cerita Mariposa lengkap amanat cerita.

Ringkasan Cerita Mariposa

Ringkasan Cerita Novel Mariposa Karya Luluk HF, Lengkap Amanat Cerita

Novel Mariposa mengisahkan perjalanan cinta antara Natasha Kay Loovi, atau biasa dipanggil Acha, dengan Iqbal, seorang laki-laki dingin dan cuek. Acha, siswi yang pantang menyerah, berusaha keras untuk meluluhkan hati Iqbal, meskipun sering dihadang penolakan dan sikap acuh tak acuh dari Iqbal. Pertemuan pertama mereka terjadi secara tak terduga di sebuah camp Olimpiade, di mana Acha langsung terpesona dengan Iqbal, namun teman baiknya, Amanda, adalah yang satu sekolah dengan Iqbal.

Mungkin Anda Suka :  Cerita Singkat Singa Jatuh Cinta (The Lion in Love) dan Pesan Moral Cerita

Meskipun berbagai upaya dilakukan Acha untuk mendekati Iqbal, seperti meminta nomor teleponnya atau bahkan menyatakan perasaannya, Iqbal terus menunjukkan sikap dingin dan tidak tertarik. Namun, intensitas pertemuan mereka meningkat ketika keduanya menjadi perwakilan sekolah dalam Olimpiade Sains tingkat Nasional. Selama tiga bulan persiapan, Acha tidak pernah berhenti bertanya apakah Iqbal menyukainya, namun selalu mendapat jawaban “tidak”.

Suatu ketika, Acha memberikan kue kepada Iqbal, namun terkejut melihat Iqbal bersama seorang gadis bernama Tesya, yang juga anggota tim Olimpiade. Kekecewaan Acha semakin bertambah saat melihat Iqbal tidak membela dirinya saat Tesya hadir. Perseteruan antara Acha dan Tesya pun terjadi di kantin, di mana Acha menunjukkan emosinya dan menghadapi Iqbal dengan keras. Namun, reaksi tegas Iqbal membuat Acha terpukul dan berlari pergi.

Kisah cinta yang rumit antara Acha dan Iqbal terus berlanjut, di mana Acha terus berjuang merobohkan dinding-dinding hati Iqbal yang keras. Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Apakah Iqbal akan mengejar Acha dan memperjuangkan cinta mereka? Semua pertanyaan ini akan terjawab dalam novel “Mariposa” karya Hidayatul Fajriyah.

Amanat Cerita Mariposa

Ringkasan Cerita Novel Mariposa Karya Luluk HF, Lengkap Amanat Cerita

Berikut adalah beberapa pesan yang tersirat dalam kisah Mariposa:

1. Ketekunan dalam Meraih Cinta

Mariposa menunjukkan pentingnya ketekunan dalam meraih cinta. Meskipun awalnya Iqbal menunjukkan sikap dingin, Acha terus berjuang dengan gigih untuk memenangkan hatinya. Ketekunan Acha akhirnya berhasil meluluhkan hati Iqbal.

2. Komunikasi yang Jujur dan Terbuka

Kurangnya komunikasi yang jujur hampir menyebabkan keretakan dalam hubungan Acha dan Iqbal. Kisah ini menekankan pentingnya komunikasi yang terbuka untuk menghindari kesalahpahaman.

3. Menghargai Perbedaan

Mariposa mengajarkan pentingnya menghargai perbedaan antara pasangan. Acha dan Iqbal memiliki kepribadian yang berbeda, tetapi mereka belajar untuk saling menerima dan menghormati satu sama lain.

Mungkin Anda Suka :  Cerita Singkat Rubah dan Anggur (The Fox and the Grapes) dan Pesan Moral

4. Menjaga Keseimbangan dalam Kehidupan

Kisah Acha juga mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan antara cinta dan kehidupan lainnya. Terlalu fokus pada cinta dapat mengakibatkan pengabaian terhadap hal-hal lain dalam hidup.

5. Belajar dari Kesalahan

Mariposa menekankan pentingnya belajar dari kesalahan. Meskipun Acha dan Iqbal membuat kesalahan dalam hubungan mereka, mereka belajar dari pengalaman tersebut dan tumbuh menjadi lebih baik.

6. Kepercayaan dan Kesetiaan

Hubungan Acha dan Iqbal diuji dengan berbagai rintangan, tetapi mereka tetap saling percaya dan setia satu sama lain. Ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kesetiaan adalah pondasi penting dalam hubungan yang sukses.

7. Dukungan dari Orang Terdekat

Mariposa menyoroti pentingnya dukungan dari orang-orang terdekat dalam menghadapi tantangan dalam hubungan. Dukungan dari sahabat dan keluarga membantu Acha dan Iqbal melewati masa-masa sulit.

8. Cinta yang Sejati Akan Mengatasi Segala Rintangan

Meskipun dihadapkan pada berbagai rintangan, cinta sejati antara Acha dan Iqbal akhirnya berhasil mengatasi semua itu. Mariposa menggambarkan bahwa cinta yang kuat mampu bertahan dalam ujian waktu.