Home Tekno 8 Tips Agar Baterai Smartphone Awet, Awet Seharian

8 Tips Agar Baterai Smartphone Awet, Awet Seharian

Tips Agar Baterai Smartphone Awet

Kuarsa.com Dalam era digital saat ini, smartphone telah menjadi alat komunikasi yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali kita dihadapkan pada masalah umum yang meresahkan, yaitu daya tahan baterai yang cepat habis. Berikut adalah tips lengkap berisi tips praktis untuk membuat baterai smartphone Anda lebih awet

1. Optimalkan Penggunaan Aplikasi

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menguras baterai Anda secara signifikan. Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak Anda gunakan dan batasi pembaruan aplikasi otomatis hanya saat terhubung ke Wi-Fi. Gunakan fitur “Battery optimization” pada pengaturan smartphone untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan baterai terbanyak dan batasi penggunaannya.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Layar smartphone adalah salah satu pengguna baterai terbesar. Mengurangi kecerahan layar dapat menghemat energi baterai secara signifikan. Gunakan fitur “Adaptive brightness” yang menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya sekitar untuk mengoptimalkan penggunaan baterai.

cara menghemat batterai

3. Manfaatkan Mode Hemat Energi

Hampir semua smartphone modern dilengkapi dengan mode hemat energi atau “Battery saver”. Mode ini mengurangi kinerja perangkat dan membatasi sinkronisasi data di latar belakang untuk memperpanjang umur baterai. Aktifkan mode ini saat baterai Anda rendah untuk memastikan smartphone tetap menyala lebih lama.

4. Batasi Penggunaan Data Seluler dan Wi-Fi

Data seluler dan Wi-Fi yang terus-menerus aktif dapat menguras baterai Anda. Matikan Wi-Fi saat tidak diperlukan dan gunakan fitur “Data saver” untuk mengurangi penggunaan data latar belakang. Ini tidak hanya akan menghemat baterai tetapi juga mengurangi penggunaan data Anda.

5. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Langkah selanjutnya agar Baterai Smartphone Awet adalah pembaruan sistem operasi dan aplikasi sering kali mencakup perbaikan bug dan peningkatan efisiensi yang dapat membantu menghemat baterai. Pastikan untuk memperbarui smartphone Anda ke versi terbaru untuk mendapatkan manfaat dari perbaikan ini.

Mungkin Anda Suka :  Cara Memulihkan Akun LinkedIn yang Telah Terhapus

6. Kurangi Penggunaan Layanan Lokasi

Layanan lokasi (GPS) dapat menguras baterai dengan cepat. Gunakan layanan lokasi hanya saat diperlukan dan tinjau izin aplikasi untuk memastikan hanya aplikasi penting saja yang dapat mengakses lokasi Anda.

Tips Agar Baterai Smartphone Awet

7. Jaga Suhu Baterai

Suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin, dapat merusak baterai dan mengurangi umur pakainya. Hindari meninggalkan smartphone Anda di tempat yang terlalu panas atau dingin, seperti di dalam mobil pada hari yang cerah atau malam yang dingin.

8. Gunakan Charger dan Kabel Asli

Menggunakan charger dan kabel yang tidak asli atau tidak disetujui oleh produsen dapat merusak baterai Anda dan mengurangi umur pakainya. Selalu gunakan aksesori pengisian yang disediakan oleh produsen atau yang memiliki sertifikasi yang sesuai.

Dengan mengikuti tips ini, Anda tidak hanya dapat memperpanjang umur baterai smartphone Anda tetapi juga meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan. Ingat, perawatan yang tepat terhadap baterai tidak hanya menghemat waktu pengisian tetapi juga memastikan bahwa smartphone Anda siap digunakan kapan saja Anda membutuhkannya.